Pemanfaatan komputer untuk pendukung pendidikan anak usia
dini (PAUD) bukanlah langkah tabu, bahkan komputer dapat mendukung kegiatan
belajar anak dengan permainan (game) yang menarik dan menyenangkan.
Pendidikan anak dirancang untuk memadukan kegiatan belajar
dan bermain (edutainment). Hal itu mengacu pada sifat alamiah anak
yang dunianya adalah bermain. Bagi anak jarak antara belajar dan bermain begitu
tipis. Model pembelajaran edutainment juga berlandaskan hasil riset cara kerja
otak. Anak akan belajar efektif bila dalam keadaan fun dan bebas dari
tekanan (revolution learning).Pemanfaatan komputer tetap mengacu pada kebutuhan anak
mengembangkan kecakapan hidup dengan suasana bermain. Anak usia dini butuh
upaya-upaya pendidikan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan fisik dan
psikis, seperti intelektual, bahasa, motorik, dan sosio-emosional. Bermain
merupakan saran belajar anak usia dini. Melalui bermain anak diajak untuk
bereksplorasi, menemukan, memanfaatkan, dan mengambil kesimpulan mengenai benda
di sekitarnya.
Pendidikan anak dirancang untuk memadukan kegiatan belajar
dan bermain (edutainment). Hal itu mengacu pada sifat alamiah anak
yang dunianya adalah bermain. Bagi anak jarak antara belajar dan bermain begitu
tipis. Model pembelajaran edutainment juga berlandaskan hasil riset cara kerja
otak. Anak akan belajar efektif bila dalam keadaan fun dan bebas dari
tekanan (revolution learning).Pemanfaatan komputer tetap mengacu pada kebutuhan anak
mengembangkan kecakapan hidup dengan suasana bermain. Anak usia dini butuh
upaya-upaya pendidikan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan fisik dan
psikis, seperti intelektual, bahasa, motorik, dan sosio-emosional. Bermain
merupakan saran belajar anak usia dini. Melalui bermain anak diajak untuk
bereksplorasi, menemukan, memanfaatkan, dan mengambil kesimpulan mengenai benda
di sekitarnya.Kendala yang acapkali muncul terkait dengan pengadaan piranti lunak yang cocok untuk anak. Aplikasi komputer harus mendukung anak bisa belajar lewat pengalaman, misalnya mengatasi kesalahan dan mencari sendiri jawaban dari permasalahan melalui simulasi permainan. Namun, sebagian besar aplikasi edutainment berbasis propertary masih menjadi barang mewah, terutama bagi PAUD di perdesaan. Harga aplikasi edutainment bisa mencapai 5-10 juta rupiah.
Namun, Anda tak perlu putus asa. Anda bisa belajar dari
langkah berani yang ditempuh oleh PAUD Terpadu di desa melung, Kedungbanteng, Banyumas. Mereka
menggunakan sistem operasi dan aplikasi komputer berbasis sumber terbuka
(open source) yang bisa diperoleh secara gratisan. Ada sejumlah aplikasi
yang direkomendasikan oleh mereka, seperti childsplay,tux math , tux typing dan tux paint.
Childsplay bisa mendukung anak untuk menggunakan komputer
sekaligus mengajari mereka sedikit matematika, huruf dari abjad, ejaan, dan
koordinasi mata-tangan. Tux Paint banyak digunakan sekolah-sekolah untuk
kegiatan menggambar dengan komputer. Tux Paint menggabungkan antarmuka yang
mudah digunakan, efek suara menyenangkan, dan maskot kartun lucu yang memandu
mereka saat menggunakan program ini.
TuxMath merupakan game arcade yang membantu anak-anak
berlatih matematika. TuxMath bisa digunakan secara perorangan dan kelompok
sehingga belajar matematika menjadi efektif dan menyenangkan. TuxTyping adalah
aplikasi edukasi untuk belajar mengetik bagi anak-anak yang dibintangi Tux,
penguin Linux. Lewat TuxTyping anak berlatih mengetik sembari bermain.
Semua aplikasi di atas bisa Anda dapatkan secara gratisan
dalam paket blankon linux. Aplikasi-aplikasi itu tergolong mudah digunakan dan menyediakan berbagai
pilihan bahasa. Anda juga bisa mengubah atau memodifikasinya sesuai dengan
kebutuhan karena kode sumbernya bersifat terbuka.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar